KARYA ILMIAH- MAULIDATUN NAJIBAH
Judul: Peran Sekolah dalam Membentuk Karakter Peserta Didik
BAB I: PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Sekolah merupakan lembaga formal yang memiliki peran strategis dalam mencetak generasi penerus bangsa. Selain memberikan pendidikan akademik, sekolah juga bertanggung jawab dalam membentuk karakter peserta didik. Dalam era globalisasi, tantangan yang dihadapi oleh generasi muda semakin kompleks, sehingga pendidikan karakter menjadi aspek yang sangat penting.
1.2 Rumusan Masalah
Apa peran sekolah dalam pembentukan karakter siswa?
Bagaimana sekolah dapat mengintegrasikan pendidikan karakter dalam kegiatan belajar mengajar?
1.3 Tujuan Penelitian
Menjelaskan peran sekolah dalam membentuk karakter peserta didik.
Menguraikan metode yang digunakan sekolah dalam menanamkan nilai-nilainya karakter.
BAB II: KAJIAN PUSTAKA
2.1 Pengertian Sekolah
Menurut Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional, sekolah adalah satuan pendidikan yang menyelenggarakan kegiatan belajar mengajar secara terstruktur dan berjenjang.
2.2 Pendidikan Karakter
Pendidikan karakter adalah usaha sadar untuk mengembangkan kepribadian peserta didik melalui pembinaan nilai-nilai moral seperti kejujuran, tanggung jawab, disiplin, dan kerja sama.
2.3 Peran Sekolah dalam Pembentukan Karakter
Sekolah memiliki peran sebagai agen sosialisasi kedua setelah keluarga. Melalui kurikulum, kegiatan ekstrakurikuler, dan pembiasaan, sekolah menanamkan nilai-nilai karakter kepada peserta didik.
BAB III: METODE PENULISAN
Penulisan karya ilmiah ini menggunakan metode studi pustaka, yaitu dengan mengumpulkan data dan informasi dari buku, jurnal, dan artikel ilmiah yang relevan dengan tema.
BAB IV: PEMBAHASAN
4.1 Peran Sekolah
Sekolah berperan sebagai fasilitator dalam mengembangkan potensi peserta didik baik dalam aspek akademik maupun non-akademik. Pembelajaran yang bermuatan nilai, keteladanan guru, dan lingkungan yang kondusif merupakan sarana efektif dalam membentuk karakter.
4.2 Implementasi Pendidikan Karakter
Implementasi pendidikan karakter dilakukan melalui:
Integrasi dalam mata pelajaran
Kegiatan ekstrakurikuler
Keteladanan guru dan staf sekolah
Kegiatan rutin seperti upacara dan kerja bakti
BAB V: PENUTUP
5.1 Kesimpulan
Sekolah memegang peran penting dalam pembentukan karakter peserta didik. Melalui berbagai pendekatan, sekolah dapat menanamkan nilai-nilai positif yang akan menjadi bekal hidup peserta didik di masa depan.
5.2 Saran
Sekolah perlu terus meningkatkan kualitas pendidikan karakter melalui pelatihan guru, pengembangan kurikulum, dan kerja sama dengan orang tua serta masyarakat.
DAFTAR PUSTAKA
(Contoh)
Suyanto, M. (2011). Pendidikan Karakter: Konsep dan Implementasi. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Kemendikbud. (2017). Panduan Pendidikan Karakter. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Komentar
Posting Komentar